A | B | C | D |
---|---|---|---|
Pertanyaan | Jawaban | Pertanyaan | Jawaban |
Setiap tindakan yang dilakukan manusia, baik atau buruk, memiliki alasan atau tujuan. Tujuan dari setiap tindakan tersebut adalah memenuhi kebutuhan dasar. Berikut ini yang merupakan kebutuhan dasar, selain bertahan hidup, adalah …. | Cinta, kekuatan, kemandirian, dan kebahagiaan | Apakah nama platform yang digunakan untuk melihat hasil Asesmen Nasional? | Rapor Pendidikan |
Pada saat ada murid melakukan kesalahan, guru perlu menormalkan kesalahan dan kegagalan tersebut, agar murid… | Bisa mengakses bagian otak untuk berpikir rasional | Ceritakan informasi penting apa saja yang akan Anda cari mengenai satuan pendidikan melalui Laporan Rapor Pendidikan? | -sebagai referensi utama untuk analisis, perencanaan, dan tindak lanjut peningkatan kualitas -sumber data yang objektif dan andal di mana laporan disajikan secara otomatis dan terintegrasi pendidikan |
Restitusi disiplin diri adalah metode untuk penyusunan kembali model disiplin di sekolah, yang mengajak murid untuk melakukan hal-hal berikut, kecuali… | Menemukan masalah yang timbul untuk mengetahui penyebabnya, dan siapa yang bersalah | Indikator utama yang terdapat dalam Profil Pendidikan disebut? | Indikator Prioritas |
Masing-masing murid memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, agar bisa menjalankan segitiga restitusi dengan lebih efektif, idealnya di kelas memiliki… | Keyakinan kelas | Berdasarkan indikator prioritas yang telah dijelaskan, apakah Anda pernah memperhatikannya? Jika ya, hal-hal apa saja yang sudah pernah Anda lakukan sebelumnya untuk mengembangkan layanan tersebut di satuan pendidikan Anda? | Mencoba menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman dan sesuai kebutuhan siswa sehingga tercipta lingkungan belajar kondusif |
Berikut ini adalah kalimat yang bisa diucapkan oleh guru untuk mengubah identitas murid yang melakukan kesalahan dari orang gagal menjadi orang sukses, kecuali… | Bukan kamu saja yang tidak berhasil dalam pembelajaran ini | Apa kebijakan yang harus dilakukan ketika menemukan indikator yang belum tercapai pada Rapor Pendidikan? | Fokus pada solusi perbaikan |
Berikut tiga dari enam landasan filosofi mengapa restitusi muncul dan baik untuk dilakukan: | 1. Kesalahan adalah hal yang normal 4. Restitusi memperkuat individu 5. Restitusi membuat individu merasa dihargai dan percaya terhadap diri sendiri | Laporan Rapor Pendidikan mencakup informasi berikut kecuali... | Penilaian pendidik |
Diane Gossen memberikan strategi untuk melakukan restitusi dengan segitiga restitusi. Segitiga ini akan membantu memahami perilaku murid dan membimbing murid untuk belajar dari kesalahannya dan menjadi individu yang lebih baik. Berikut adalah sisi-sisi segitiga restitusi… | Menstabilkan identitas murid, memvalidasi perilaku murid yang salah, menanyakan keyakinan murid | Berdasarkan prinsip Output Proses dan Input, jika indikator Iklim Keamanan Sekolah belum mencapai target, maka komponen yang juga perlu diperhatikan adalah? | Inputnya |
Berikut ini adalah alasan mengapa penting bagi guru untuk bertanya pada muridnya tentang apa yang ia yakini, kecuali? | Untuk dapat mengingatkan murid akan kesalahan-kesalahan yang telah dilakukan. | Indikator prioritas tambahan bagi SMK yang merupakan indikator dalam dimensi D adalah? | Utama |
Dalam restitusi, penting bagi guru untuk memberikan pandangan baru pada murid-murid, bahwa disiplin adalah tentang bagaimana seseorang bisa… | Memenuhi kebutuhan dasar dirinya, dengan tetap memperhatikan kepentingan orang lain | Apakah manfaat Rapor Pendidikan dalam sistem administrasi dan pengelolaan data di satuan pendidikan? | Sebagai media komunikasi antara...... |
Memahami alasan atau kebutuhan di balik perilaku seseorang merupakan langkah penting dalam berpindah dari evaluasi diri menuju restitusi diri. Sehingga penting bagi seseorang untuk… | Mengerti bahwa semua orang memiliki kebutuhan dasar yang sama | Profil Satuan Pendidikan di jenjang Dikdasmen terdiri dari : 1) Mutu dan relevansi hasil belajar peserta didik 2) Pemerataan pendidikan yang bermutu 3) Mutu dan relevansi pembelajaran 4) Kompetensi dan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan 5) Pengelolaan sekolah yang partisipatif, transparan, dan akuntabel Dari pernyataan di atas, yang termasuk pada komponen input ditunjukkan oleh nomor . . . . | 4 dan 5 |
Projek merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap lingkungan di sekitarnya. Pernyatan di atas adalah... | Benar | Pengelolaan sekolah yang partisipatif, transparan dan akuntabel dapat dicapai dengan cara : | Melibatkan semua warga sekolah untuk berpartisipatif dalam peningkatan mutu |
Lewat kegiatan projek, murid akan diajak untuk mengalami pengetahuan sehingga dapat memperkuat dimensi profil pelajar pancasila. Manakah yang bukan merupakan contoh bahwa murid mengalami pengetahuan? | Murid mendengarkan penjelasan guru di kelas saja kemudian mengerjakan soal pilihan ganda | Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini: 1) Rapor Pendidikan dapat digunakan sebagai alat perbandingan tentang capaian dari berbagai satuan pendidikan 2) Rapor Pendidikan akan didiskusikan secara konstruktif dengan warga sekolah untuk membenahi mutu pendidikan 3) Rapor Pendidikan dapat digunakan sebagai alat untuk mencari akar permasalahan di satuan pendidikan 4) Rapor Pendidikan dapat digunakan untuk memberikan peringatan kepada satuan dan daerah. Manakah yang perlu Anda perhatikan jika satuan pendidikan Anda akan menggunakan Rapor Pendidikan? | 2 dan 3 |
Dalam penentuan alokasi waktu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, satuan pendidikan wajib melakukannya dalam waktu 3 minggu. Pernyataan di atas adalah | Salah | Dalam tema Berekayasa dan Bertonologi untuk Membangun NKRI (Rekayasa dan Teknologi), murid-murid akan berperan dalam menyelesaikan persoalan-persoalan di masyarakat melalui inovasi dan penerapan teknologi dengan mensinergikan aspek sosial dan teknologi. Pernyataan di atas adalah... | Benar |
Projek Penguatan Profil Pancasila merupakan pembelajaran untuk memberikan pengalaman yang kontekstual kepada murid. | Benar | Dalam tema kearifan lokal murid akan belajar memeliharan keseahtan fisik dan mentalnya. | Salah |
Setelah mendapatkan tema dan topik projek yang akan diampu pada semester ini, kemudian tim fasilitator projek akan menetapkan kriteria pencapaian kemampuan murid yang akan dilihat dalam projek ini. Langkah apa yang sebaiknya dilakukan? | Menetapkan dimensi, elemen dan sub-elemen sesuai dengan tema dan topik | Berikut adalah salah satu contoh topik kewirausahaan, yaitu... | Sepatu kulit daerahaku... |
Terdapat 4 prinsip dalam projek penguatan profil pelajar pancasila. Prinsip manakah yang berfokus pada upaya mendorong murid agar aktif dalam pengelolaan pembelajarannya? | Berpusat pada murid | Tema Bangunlah Jiwa dan Raganya berkaitan dengan keragaman bangsa Indonesia dan bagaimana memperkenalkan perbedaan di antara kita. Pernyataan di atas adalah.. | Salah |
Dalam tema Berekayasa dan Bertonologi untuk Membangun NKRI (Rekayasa dan Teknologi), murid-murid akan berperan dalam menyelesaikan persoalan-persoalan di masyarakat melalui inovasi dan penerapan teknologi dengan mensinergikan aspek sosial dan teknologi. Pernyataan di atas adalah... | Benar | Kegiatan projek menguatkan semua dimensi profil pelajar pancasila. Meksipun pada setiap projek disarankan memilih 2-3 dimensi, tetapi bukan berarti dimensi lain tidak dikuatkan. Kita dapat fokus pada 2-3 dimensi yang menjadi indikator ketercapaian kemampuan murid. | Benar |
Dalam tema kearifan lokal murid akan belajar memeliharan keseahtan fisik dan mentalnya..Pernyatan di atas adalah... | Salah | SMA Pattimura mempunyai isu kekerasan mental dan fisik di lingkungan sekolahnya. Tim fasilitas projek ingin mengangkat satu tema yang berkaitan dengan isu ini. Tema apakah yang dapat diambil? | Bangunlah jiwa dan raganya |
Terdapat kesaamaan tema yang dapat diambil oleh SMA dan SMK dalam melakukan projek, kecuali 1 tema yang dikhususkan untuk SMK, yaitu | Budaya Kerja dan Kebekerjaan | Terdapat kesaamaan tema yang dapat diambil oleh SMA dan SMK dalam melakukan projek, kecuali 1 tema yang dikhususkan untuk SMK, yaitu | Budaya Kerja dan Kebekerjaan |
Manakah yang bukan termasuk dalam tema projek yang sudah disediakan oleh pemerintah? | Kewirausahaan dan Budaya Lokal | Manakah yang bukan termasuk dalam tema projek yang sudah disediakan oleh pemerintah? | Kewirausahaan dan Budaya Lokal |
Satuan Pendidikan tempat Pak Hans mengajar berada dalam lingkungan masyrakat yang homogen. Masyarakatnya belum begitu mengenal keragaman budaya, agama, ras ataupun suku. Tim fasilitas projek ingin memperkenalkan keragaman masyarakat kepada para murid melalui projek. Tema apa yang dapat diambil? | Bhinneka Tunggal Ika | Tema Suara Demokrasi akan berfokus pada pemahaman yang terkait... | Kebebasan dan perbedaan pendapat, juga untuk memperkenalkan sistem pemerintahan dalam ruang lingkup sekolah |
Contoh topik manakah yang cocok untuk diterapkan jika kita ingin mengambil tema "Bangunlah Jiwa dan Raganya?" | Stop perundungan dan bermedia sosial yang bijak | Satuan Pendidikan tempat Pak Hans mengajar berada dalam lingkungan masyrakat yang homogen. Masyarakatnya belum begitu mengenal keragaman budaya, agama, ras ataupun suku. Tim fasilitas projek ingin memperkenalkan keragaman masyarakat kepada para murid melalui projek. Tema apa yang dapat diambil? | Bhinneka Tunggal Ika |
Kegiatan projek menguatkan semua dimensi profil pelajar pancasila. Meksipun pada setiap projek disarankan memilih 2-3 dimensi, tetapi bukan berarti dimensi lain tidak dikuatkan. Kita dapat fokus pada 2-3 dimensi yang menjadi indikator ketercapaian kemampuan murid. | Benar | Contoh topik manakah yang cocok untuk diterapkan jika kita ingin mengambil tema "Bangunlah Jiwa dan Raganya?" | Stop perundungan dengan bermedia sosial yang bijak |
SMA Pattimura mempunyai isu kekerasan mental dan fisik di lingkungan sekolahnya. Tim fasilitas projek ingin mengangkat satu tema yang berkaitan dengan isu ini. Tema apakah yang dapat diambil? | Bangunlah Jiwa dan Raganya | Hal-hal penting apa yang Anda pahami tentang proses memahami kondisi satuan pendidikan berdasarkan materi ini? | Melakukan tahapan PBD pada jenjang Dikdasmen yang benar dan tepat |
Tema Suara Demokrasi akan berfokus pada pemahaman yang terkait... | Kebebasan dan perbedaan pendapat, juga untuk memperkenalkan sistem pemerintahan dalam ruang lingkup sekolah | Selama ini, bagaimana Anda menganalisis permasalahan yang terjadi di satuan pendidikan Anda? | Dengan musyawarah mufakat dalam menyelesaikan masalah indikator prioritas |
Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar pancasila dapat dilakukan secara kolaboratif dengan melibatkan pemangku kepentingan yang dapat mendukung keberlangsungan projek di sekolah. Kapankah para pemangku kepentingan ini dapat berkolaborasi untuk kegiatan berprojek? | Semua benar | Apa yang dimaksud dengan tahapan Benahi? | Menyusun program dan kegiatan |
Apa yang dimaksud dengan Identifikasi tahapan Kesiapan satuan pendidikan? | Upaya untuk mengidentifikasi kesiapan sekolah sebelum memulai projek | Apa yang dimaksud dengan tahapan Refleksi? | Merumuskan akar permasalahan |
Apakah salah satu bentuk asesmen alternatif yang dapat digunakan untuk melihat keterampilan murid secara holistik? | Projek | Tahapan perumusan akar masalah dalam Perencanaan Berbasis Data adalah | Agar rancangan program di tahap benahi tepat sasaran dan sesuai kebutuhan |
Bagaimana peran projek sebagai asesmen? | Dengan kegiatan berprojek dapat terlihat ketercapaian perkembangan murid secara holistik, bukan hanya hasil akhirnya saja | Hal-hal penting apa yang Anda pahami tentang memutuskan program pembenahan yang tepat di satuan pendidikan Anda berdasarkan materi ini? | yaitu dengan mengumpulkan data dan melakukan analisis. |
Bu Loli sedang bingung memikirkan tema untuk dilaksanakan di semester 2. Terdapat dua pilihan yaitu, tema "Bangunlah Jiwa dan Raganya" dan "Gaya Hidup Berkelannjutan". Mengingat pada semester 2 akan ada perayaan Hari Bumi, Bu loli dan Tim Fasilitator merasa tema "Gaya Hidup Bekelanjutan" sangatlah cocok untuk dilakukan. Di sisi lain "Bangunlah Jiwa dan Raganya" juga menarik untuk dijadikan tema projek. Langkah apakah yang dapat Ibu Loli dan tim fasilitas projek lakukan untuk mengkomodir tema-tema di atas? | Mengambil tema "Gaya Hidup Berkelanjutan" dalam kegiatan projek, sedangkan tema "Bangunlah Jiwa dan Raganya" dapat diintegrasikan dalam rutinitas sehari-hari seperti olahraga rutin, diskusi personal antara guru dan murid, dan sesi cerita terkait pengalaman sosial-emosional | Bu Maya sedang memilih masalah yang akan menjadi fokus untuk diperbaiki oleh satuan pendidikan. Pada kolom yang sedang ia buka, terdapat beberapa bagian seperti: identifikasi masalah, capaian, dan skor hasil yang diperoleh oleh satuan pendidikan. | Identifikasi |
Setiap pemangku kepentingan mempunyai peran penting untuk mendukung program pembelajaran projek di satuan pendidikan. Murid dan orang tua bukanlah salah satu pemangku kepentingan yang bepengaruh dalam projek. | Benar | Konten playlist pada Inspirasi Benahi platform Rapor Pendidikan 2023 adalah | Konten video dan artikel platform Merdeka Mengajar yang berkaitan dengan inspirasi benahi yang disajikan |
Ketika konsep pembelajaran berbasis projek sudah dipahami sebagian pendidik (>50%) dan pembelajaran berbasis projek sudah menjadi kebiasaan sekolah tetapi belum terjadi lintas disiplin ilmu, berada dalam tahap manakah satuan pendidikannya? | Tahap Berkembang | Rekomendasi kegiatan Benahi yang ada saat ini disusun berdasarkan sejumlah kategori, kecuali: | Wilayah satuan pendidikan |
Bu Meiske dan tim fasilitas projek sedang merancang modul projek yang akan dilakukan di fase F. Berikut adalah contoh pengalokasian waktu yang dapat dilakukan, kecuali.... | Memberikan kebebasan bagi murid untuk menentukan sehingga tidak ada tanggal tetap | Apa hal utama yang harus dipertimbangkan oleh satuan untuk menentukan kegiatan benahi pada Perencanaan Berbasis Data? | Kondisi, kemampuan, dan sumber daya satuan pendidikan |
Untuk membantu fokus dalam melihat ketercapaian kompetensi murid, maka disarankan untuk mengambil beberapa dimensi, elemen dan sub-elemen profil pelajar pancasila sebanyak ....... | 2-3 elemen | Apakah prinsip penting dalam menetapkan dan meyakini bahwa kegiatan pembenahan sudah tepat? | Dapat menjadi solusi efektif untuk mengatasi seluruh permasalahan |
Pak Luis melihat beberapa alur projek yang dicontohkan oleh pemerintah, tetapi merasa butuh penambahan kegiatan projek agar kegiatan murid memiliki waktu lebih pada kegiatan eksplorasi. Langkah apa yang bisa dilakukan Pak Luis dalam merancang modul projeknya? | Menambah pertemuan/kegiatan pada sesi eksplorasi dalam modul projeknya | 1) Perlu merujuk pada rumusan kegiatan Benahi yang disediakan Kemendikbud Ristek 2) Dirumuskan sebagai solusi pertama untuk mengatasi akar permasalahan 3) Dirumuskan sebagai solusi utama untuk mengatasi seluruh akar permasalahan 4) Menyesuaikan kembali pilihan kegiatan Benahi dengan kondisi di satuan pendidikan 5) Menyesuaikan pilihan kegiatan Benahi dengan sumber daya yang dimiliki oleh satuan pendidikan Manakah pernyataan yang paling tepat untuk dijadikan dasar pertimbangan dalam memilih kegiatan Benahi? | 1, 2, 4, dan 5 |
Dalam pelaksanaan satu tema projek, disarankan untuk memilih 2 atau 3 dimensi yang menjadi fokus. Pernyataan diatas adalah... | Benar | Perhatikan kondisi salah satu satuan pendidikan pada jenjang berikut ini: 1. Dapat mengakses platform Rapor Pendidikan secara rutin dan berkala 2. Ingin fokus melihat ringkasan dan perbandingan capaian 3. Merumuskan Benahi dengan memilih inspirasi kegiatan Benahi Manakah cara yang tepat dengan gambaran tersebut? | Melalui laporan lapor pendidikan |
Penyelenggaraan pemilihan OSIS sudah semakin dekat. Tim fasilitas projek ingin mengintegrasikan pemilihan tahunan ketua OSIS dengan kegaitan projek murid, maka tema yang dapat diambil oleh tim fasiilitas projek adalah.. | Suara Demokrasi | Apa yang akan terjadi jika saat melakukan pembenahan, kepala satuan pendidikan tidak memanfaatkan Laporan Rapor Pendidikan dengan baik? | Semua benar |
Dalam merancang modul projek, kita akan menentukan alur kegiatan projek. Pemerintah telah memberikan contoh alur kegiatan projek dalam panduan projek penguatan profil pelajar pancasila. Sebagai pendidik kita dapat merubah alur projek sesuai dengan kebutuhan orang tua dan mitra. | Benar | Tabel pada Rencana Kerja Tahunan terdiri dari …… | Masalah-akar masalah-program |
Pembuatan modul projek bersifat fleksibel karena dapat menyesuaikan dengan keadaan satuan pendidikan masing-masing. Berikut adalah beberapa komponen inti yang ada dalam modul projek... | Semua benar | Perhatikan rincian kegiatan berikut ini : 1) melakukan refleksi satuan pendidikan terkait kebutuhan dana. 2) menentukan kegiatan benahi pada RKT 3) merinci kebutuhan barang dan jasa yang diperlukan 4) merinci nominal harga barang dan jasa yang diperlukan Dari pernyataan di atas, Langkah yang perlu dilakukan ketika akan melakukan penganggaran ke RKAS adalah . . . . | 3 dan 4 |
Pak kiki melihat beberapa modul projek dalam platform yang disediakan oleh pemerintah. Ia memutuskan akan memodfikasi modul projek yang sudah ada untuk disesuaikan dengan konteks satuan pendidikannya. Berikut adalah kondisi modul projek yang sudah disediakan oleh pemerintah: | Mengurangi dimensi yang ada menjadi 2-3 dimensi yang menunjukkan fokus utama projek ini | Mengapa satuan pendidikan perlu menyesuaikan program pembenahan yang dipilih dengan visi misi satuan pendidikan? | Agar sesuai jiwa dan karakter satuan pendidikan |
Sebelum memulai projek, tim fasilitator projek dapat melakukan asesmen .......... untuk mengetahui kondisi dan kebutuhan murid | Diagnostik | Siapakah yang berperan penting dalam keberhasilan implementasi Perencanaan Berbasis Data di satuan pendidikan? | Seluruh unsur satuan pendidikan |
Banyak cara untuk kita melibatkan mitra dalam kegiatan berprojek, diantaranya.. | Mengundang narasumber | Berikut adalah hal yang perlu difokuskan dalam melakukan refleksi atas pembelajaran terhadap Perencanaan Berbasis Data, kecuali … | Fokus pada situasi yang terjadi |
Kapankah saat yang tepat untuk melibatkan murid dalam berprojek? | Selama projek berlangsung | Peserta didik yang berada dalam kategori aritstik memiliki minat pada... | Situasi yang memberikan mereka keleluasaan untuk memanfaatkan kreativitas |
Sebagai fasilitator projek, sebaiknya apa yang tidak kita lakukan? | Semua salah | Setelah melakukan pemetaan kebutuhan layanan peminatan di SD Natuna, ditemukan bahwa sebagian besar peserta didik hanya akrab dengan bidang pertanian dan perikanan. Menanggapi hal tersebut, guru BK dengan wali kelas dapat bekerja sama memberikan layanan peminatan berupa.. | Menggunakan berbagai sumber ajar (video, buku, dll) untuk memperkenalkan konteks bidang yang beragam. |
Dalam menyelenggarakn perayaan hasil belajar projek sebaiknya diberikan kesempatan dan ruang untuk menentukan jenis perayaan produk akhir projeknya... | Benar | Untuk menentukan layanan peminatan yang tepat di SLB, pendidik perlu mempertimbangkan... | Keyakinan guru terhadap potensi peserta didik |
Untuk melibatkan murid SD dalam proses pembelajaran projeknya, tidak diperlukan upaya untuk membangun ikatan dengan murid, karena murid hanya akan melakukan projek sesuai dengan yang sudah ditetapkan oleh gurunya. | Salah | Bentuk layanan peminatan yang kurang tepat untuk anak berkebutuhan khusus tunarungu adalah... | Melakukan diskusi dengan narasumber melalui telepon |
Ada beberapa langkah yang dapat kita lakukan untuk melibatkan murid dalam proses belajarnya. Berikut adalah beberapa langkah yang tepat untuk melibatkan murid .... | Memelihara rasa ingin tahu mereka dengan memberikan pertanyaan pemantik | Berikut merupakan sikap seorang guru 1). Mendengarkan dengan seksama tanpa mencela 2). Memberikan nasihat kepada peserta didik 3). Menggunakan pertanyaan terbuka 4). Mengarahkan pembicaraan Manakah yang merupakan sikap yang harus dimiliki seorang guru saat peserta didik sedang bercerita? | 1 dan 3 |
Bu Margaret mengajukan pertanyaan pemantik untuk memantik rasa keingintahuan murid sehingga murid semakin terlibat dalam proses pembelajarannya. Jika tema yang diambil adalah terkait kearifan lokal, bentuk pertanyaan pemantik yang tidak tepat adalah... | Apakah kamu sudah puas dengan budaya daerahmu? | Ketika peserta didik terlihat mengalami kesulitan terus menerus dan mersa tertekan di kejuruan yang saat ini dijalani, pilihan apa yang dapat pendidikan berikan? | Memberikan pilihan untuk mencoba jurusan yang diinginkan di tahun berikutnya setelah pendidik melakukan observasi dan konseling. |
Untuk membantu murid mengaplikasikan kemampuannya di dunia nyata, maka murid dapat diberikan kesempatan untuk berpartisipasi aktif sebagai bagian dari masyarakat. Sebagai tim fasiilitator projek, hal yang dapat kita lakukan adalah melibatkan mitra terkait yang berhubungan dengan tema projek. | Benar | Contoh kegiatan layanan peminatan dan perencanaan individual yang kurang tepat pada jenjang SMA atau SMK adalah ... | Melakukan kerja sama dengan mitra dunia kerja kegiatan magang |
Sebagai fasilitator projek, kita dapat memberikan keterampilan proses inkuiri kepada murid-murid untuk mendukung kegiatan projeknya. Berikut adalah tahapan yang tidak termasuk dalam tahapan proses inkuiri, yaitu.. | Bermain | Pada saat pembeajaran berdirerensiasi di mata pelajaran mulok Bahasa Jawa, Dina memilih untuk membuat poster sebagai produk pembelajaran. Salah satu minat yang terlihat dari pilihan produk Dinda ialah... | Minat terhadap seni rupa |
Kegiatan belajar projek sudah hampir selesai. Kini, saatnya murid-murid melakukan perayaan hasil belajar projeknya. Mereka tidak dilibatkan untuk menentukan jenis perayaan dan juga tidak tahu siapa saja aktor yang diibatkan. Tim fasilitas projek memberikan apresiasi dan melakukan evaluasi kepada murid sesuai dengan hasil akhir projkenya. Dari pernyataan di atas, apa yang bisa kita perbaiki terkait peryaan hasil belajar projek murid? | Murid dilibatkan dalam penentuan jenis perayaan | Pada instrumen RIASEC, setelah Guru BK selesai menghitung total centang pada setiap kolom, langkah yang harus dilakukan selanjutnya adalah… | Mengidentifikasi 3 kategori dengan jumlah centang terbanyak |
Bagaimanakah contoh pelibatan murid yang tepat dalam kegiatan projek? | Melibatkan murid dalam mengolah data dan umpan balik dari teman dan gurunya. | Contoh kegiatan layanan peminatan yang tepat untuk dilakukan pada jenjang PAUD adalah… | Memperkenalkan bidang-bidang yang relevan di lingkungan sekitarnya |
Pelibatan murid merupakan peran yang penting untuk kita dapat membantu mereka mengalami pengetahuannya sendiri. Berikut adalah beberapa contoh pelibatan murid yang dapat kita lakukan: | Selalu memantik rasa ingin tahu murid dengan memelihara rasa ingin tahunya | Selaku guru BK, Ibu Imelda telah mendapatkan hasil pemetaan kebutuhan dari seluruh kelas. Selanjutnya, Ibu Imelda bersama para wali kelas harus membuat rencana layanan peminatan yang akan dilakukan, karena… | Rencana kegiatan dapat memandu pendidik untuk melaksanakan layanan berdasarkan hasil pemetaan kebutuhan peserta didik |
Berikut adalah manfaaat mempunyai jurnal pendidik, kecuali.. | Melihat perkembangan guru | Melibatkan komunitas disabilitas dewasa dalam layanan peminatan di SLB sangat penting untuk… | Membuat murid sadar dan yakin bahwa kesetaraan dan membangun cita-cita itu mungkin |
Kapankah saat yang tepat untuk murid dapat memulai pembuatan portofolionya? | Semua benar | Bentuk layanan peminatan yang kurang tepat untuk anak berkebutuhan khusus tunarungu adalah… | Melakukan diskusi dengan narasumber melalui telepon |
Saat membuat catatan proses, berikut adalah hal yang perlu kita hindari, yaitu.. | Menonjolkan kekurangan dan memberi label pada murid | Berikut ini rekomendasi yang dapat diberikan pendidik untuk kegiatan pengembangan minat adalah... | Kegiatan dapat dilakukan di dalam satuan pendidikan maupun di luar satuan pendidikan sesuai dengan kebutuhan peserta didik |
Bagaimana pemilihan hasil karya untuk dimasukkan dalam portofolio murid? | Murid yang memilih sendiri hasil karyanya yang dimasukkan ke dalam portofolionya | Contoh kegiatan layanan peminatan yang tepat untuk dilakukan pada jenjang PAUD adalah… | Memperkenalkan bidang-bidang yang relevan di lingkungan sekitarnya |
Sebagai guru, kita dapat membuat catatan untuk merekam proses pembelajaran projek murid secara berkelanjutan. Catatan ini dinamakan ... | Jurnal pendidik | Instrumen RIASEC mengelompokkan minat peserta didik ke dalam kategori… | Realistic, investigative, artistic, social, enterprising dan conventional |
Berikut adalah contoh penulisan catatan proses dalam rapor projek murid. Contoh penulisan yang tepat adalah... | Randy dapat terus berkontribusi untuk menyumbangkan ide-idenya dengan dukungan guru dan teman-teman | Berikut merupakan beberapa rangkuman dari hasil pemetaan kebutuhan ekstrakurikuler di SMP Merdeka. Sebagian besar peserta didik kelas VIII menginginkan ekstrakurikuler sepakbola Sebagian besar peserta didik kelas VII dan IX tertarik dengan coding Mayoritas peserta didik di SMP Merdeka ingin mengembangkan keterampilan renang Saat ini, SMP Merdeka hanya memiliki sumber daya untuk mengembangkan satu ekstrakurikuler dan tidak memiliki fasilitas kolam renang. Maka, layanan peminatan yang menjadi prioritas adalah… | Menyediakan ekstrakurikuler sepak bola |
SMA Bintang Juara telah selesai belajar projek. Bagaimana tindak lanjut evaluasi dan keberlanjutan projek yang dapat dilakukan? | Mengajak mitra luar untuk kerjasama meneruskan projek yang sudah dilakukan oleh para murid | Berikut ini yang bukan merupakan tujuan dari kegiatan Hari Karir dengan mengundang orang tua peserta didik yang memiliki profesi tertentu adalah... | Mengajak untuk mengikuti pilihan karir tertentu |
Berikut adalah prinsip evaluasi projek kecuali.. | Tidak melibatkan murid dalam evaluasi | Saat melakukan pengamatan untuk memetakan kebutuhan layanan peminatan, peran guru BK dan wali kelas adalah… | Melakukan pencatatan dan menghampiri peserta didik untuk mengetahui kegiatan yang dilakukan lebih lanjut |
Kapankah saat yang tepat untuk melakukan refleksi | Semua Benar | Berikut ini rekomendasi yang dapat diberikan pendidik untuk kegiatan pengembangan minat adalah... | Kegiatan dapat dilakukan di dalam satuan pendidikan maupun di luar satuan pendidikan sesuai dengan kebutuhan peserta didik |
Dimensi yang membangun kepedulian murid serta kesadaran bekerja sama dengan orang lain adalah... | Bergotong royong | Agar peserta didik mendapatkan pengalaman secara langsung, pengenalan berbagai bidang dapat memanfaatkan alat peraga yang berhubungan secara langsung dengan bidang tersebut. Manakah pasangan alat peraga dan bidang yang kurang tepat?.. | Panci untuk teknisi mesin |
Berikut yang bukan merupakan urgensi dari dirumuskannya Profil Pelajar Pancasila adalah.... | Pengganti tujuan pendidikan nasional | Ketika peserta didik terlihat mengalami kesulitan terus menerus dan merasa tertekan di kejuruan yang saat ini dijalani, pilihan apa yang dapat pendidik berikan? | Memberikan piihan untuk mencoba jurusan yang diinginkan di tahun berikutnya setelah pendidik melakukan observasi dan konseling |
Berikut yang bukan landasan dasar dalam merumuskan Profil Pelajar Pancasila adalah... | Dokumen kurikulum negara maju yang sudah teruji | Dalam memetakan kebutuhan layanan peminatan, guru BK dan wali kelas dapat… | Mengamati kegiatan belajar bermain peserta didik |
antangan dan perubahan zaman yang berkembang dengan pesat menuntut perlunya pendidikan yang menanamkan keseimbangan diri agar murid dapat beradaptasi dan memiliki jati diri yang kuat. Hal ini termasuk dalam urgensi Profil Pelajar Pancasila, yaitu... | Untuk kesejahteraan jiwa dan raga | Setelah melakukan pemetaan kebutuhan layanan peminatan di SD Natuna, ditemukan bahwa sebagian besar peserta didik hanya akrab dengan bidang pertanian dan perikanan. Menanggapi hal tersebut, guru BK dengan wali kelas dapat bekerja sama memberikan layanan peminatan berupa… | Menggunakan berbagai sumber ajar (video, buku, dll) untuk memperkenalkan konteks bidang yang beragam |
Berikut yang bukan dimensi dari Profil Pelajar Indonesia adalah .... | Cinta tanah air | Perhatikan macam-macam video berikut. 1. Film dokumenter 2. Video animasi 3. Film pendek Manakah macam video yang dapat dimanfaatkan sebagai media layanan peminatan? | 1, 2, dan 3 |
Elemen akhlak kepada alam dintegrasikan dalam pembelajaran pada kelompok mata pelajaran IPA. Pertanyaan di atas adalah... | Salah, mata pelajaran lain juga dapat berperan dalam mengajak murid untuk menjaga lingkungan | Berikut yang bukan merupakan sikap pendidik saat melakukan diskusi terkait perencanaan karir dengan peserta didik adalah… | Memposisikan diri sebagai orang yang memiliki berbagai macam pengalaman |
Berikut adalah contoh mengintegrasikan elemen akhlak pribadi dalam pembelajaran di kelas, kecuali... | Guru Agama mengambil topik kajian keagamaan berdasarkan isu yang dihadapi murid | ||
Pelajar Indonesia adalah pelajar beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME. Keimanan dan ketakwaan ini terejawantahkan dalam akhlaknya yang mulia kepada... | Dirinya, sesama manusia, alam, juga tanah air | ||
Pada Dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, Elemen yang menguatkan hubungan murid dengan Tuhan Yang Maha Esa adalah elemen... | Akhlak beragama | ||
Pak Zamrud adalah guru Sejarah XII. Saat belajar tentang perang Dunia II, ia mengajak murid untuk mempelajari sejarah dari 2 sisi. Pak Zamrud membagi murid ke dalam 2 blok, yaitu Blok Sekutu dan Blok Poros. Setiap blok mempelajari sejarah dari sudut pandangnya masing-masing untuk kemudian disampaikan kepada blok lain. Praktik yang dilakukan Pak Zamrud melatih murid untuk menguatkan elemen... | Akhlak kepada sesama, karena Pak Zamrud mengajarkan murid untuk melihat perspektif lain yang menumbuhkan rasa empati. | ||
Berikut ini merupakan elemen-elemen dari dimensi Berkebinekaan Global, kecuali... | Menghormati keanekaragaman budaya | ||
1. Berkomunikasi antarbudaya 2. Menghilangkan stereotipe dan prasangka 3. Menimbang dan menumbuhkan berbagai perspektif 4. Menyelaraskan perbedaan budaya Dari pilihan di atas, manakah yang merupakan sub-elemen dari elemen komunikasi dan interaksi budaya…1. | 2 dan 4 | ||
Anak-anak sejak kecil perlu diperkenalkan dengan budaya di mana ia hidup agar menghargai dan menghormati budayanya. Berikut ini manakah cara yang paling tepat dilakukan guru untuk mengenalkan dan menghargai budaya kepada anak? | Memberikan tugas mewawancarai orang di sekitarnya tentang asal-usul budaya/kebiasaan masyarakat | ||
Satya mempunyai banyak sekali teman dengan latar belakang yang berbeda-beda. Ia sering melihat kebiasaan temannya yang berbeda dengan dirinya. Tak jarang ia berbeda pendapat dengan temannya hingga membuatnya kesal dan menganggapnya kurang baik. Sebagai guru, apa yang harus dilakukan agar Satya dapat belajar dari pengalaman kebinekaannya? | Mengajak Satya merefleksikan pengalamannya dengan pertanyaan-pertanyaan yang tepat. | ||
Berikut ini manakah yang merupakan contoh perilaku yang mencerminkan elemen berkeadilan sosial… | Murid diberikan kesempatan mengungkapkan pendapat dan suaranya. | ||
Bu Nila mendukung murid menguatkan elemen kolaborasi di kelas. Hal yang dilakukan Bu Nila adalah sebagai berikut, kecuali: | Menghargai semua ucapan murid dengan tidak mematahkan pendapat murid tanpa argumen logis | ||
Berikut ini adalah elemen dari dimensi gotong royong, kecuali: | Elemen kerja sama | ||
Pak Sukri adalah guru biologi di SMA Muara 3. SMA Muara 3 hanya memiliki 5 mikroskop untuk digunakan 20 murid. Memanfaatkan keadaan ini, Pak Sukri bisa menguatkan dimensi gotong royong dengan cara: | Membagi murid ke dalam beberapa kelompok, lalu memberi 1 mikroskop ke tiap kelompok | ||
Agar bisa bergotong royong, murid perlu menguatkan dulu dimensi mandiri. | Benar, karena berhubungan | ||
Dalam konteks elemen kepedulian, murid perlu memiliki persepsi sosial yang berarti... | Memahami mengapa orang lain bereaksi dan melakukan tindakan tertentu | ||
Berikut adalah salah satu gambaran pelajar mandiri, kecuali.. | Saat ada tantangan, saya lebih memilih mencoba hal lain yan bisa saya lakukan" | ||
Untuk mendukung proses refleksi murid, berikut adalah hal-hal yang dapat kita lakukan... | Mengajak murid untuk menuliskan rangkuman dari pelajaran yang ia telah lakukan | ||
1. Pemahaman diri dan situasi 2. Regulasi emosi 3. Regulasi diri 4. Refleksi diri Dari daftar di atas, yang merupakan elemen dalam dimensi mandiri adalah... | 1 dan 3 | ||
Pembuatan target belajar untuk murid dapat dilakukan dengan ketentuan sebagai berikut, yaitu... | Murid sendiri yang menentukan target belajarnya | ||
Hans tidak berhasil menyelesaikan permainan baloknya, dia menangis karena merasa bangunan baloknya tidak tinggi dan jelek. Pertanyaan apa yang tepat diberikan oleh guru Hans untuk membuatnya kembali percaya diri dalam menentukan targetnya? | Apakah kamu perlu bantuan? Apa yang kamu perlukan untuk membuat ini jadi tinggi? | ||
Bu Omas mengajar IPA di kelas 7 (fase D). Tujuan pembelajarannya adalah siswa mampu memahami prosedur keselamatan kerja dalam laboratorium IPA. Dalam pembelajarannya, Bu Omas mengajak murid secara berkelompok untuk mengidentifikasi kecelakaan yang mungkin terjadi dalam laboratorium serta cara pencegahannya. Bu Omas juga memberikan label informasi pada peralatan dan bahan di laboratorium IPA untuk murid pelajari. | Jawaban a dan b benar | ||
Kemampuan murid untuk merefleksikan hasil pemikiran atau kesimpulannya merupakan bagian dari elemen... | Refleksi pemikiran dan proses berpikir | ||
Yang bukan elemen dari dimensi bernalar kritis adalah ... | Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan | ||
Pak Doni memberikan kuis dengan tipe soal pilihan ganda. Namun ia juga meminta murid menjelaskan alasan dari jawabannya. Praktik yang dilakukan Pak Doni membuatnya mampu melihat hal berikut dari muridnya, kecuali ... | Jawaban benar dan salah | ||
Bu Neke adalah guru seni tari. Berikut adalah yang bisa Bu Neke lakukan di kelasnya untuk memfasilitasi muridnya bernalar kritis, kecuali... | Memberikan checklist komponen pertunjukkan saat menonton pentas tari | ||
Bu Mega adalah guru bahasa Inggris di SMP. Untuk asesmen menulis, Bu Mega mengajak murid-muridnya menuliskan tentang rutinitas sehari-harinya dalam bentuk yang menarik. Bu Mega memberikan kebebasan pada murid untuk menghasilkan karya sesuai minat mereka. Hasilnya, muridnya ada yang menulis dalam bentuk komik, musik, cerpen, dan karya menarik lainnya. | Elemen keluwesan berpikir dalam mencari altertanatif solusi permasalahan, karena murid diberikan beberapa tantangan dalam tugasnya | ||
Berikut yang bukan termasuk kriteria pelajar Indonesia yang kreatif adalah .... | Mampu mempublikasikan gagasannya | ||
Agar bisa menghasilkan gagasan, murid perlu diberikan .... | Semua benar | ||
Berikut hal yang bisa guru lakukan untuk melatih keluwesan berpikir murid dalam mencari alternatif solusi permasalahan adalah ... | Memberikan projek individu | ||
Berikut adalah salah satu cara menstimulus pelajar yang kreatif di kelas, kecuali .... | Guru PAUD memberi instruksi warna yang digunakan di awal kegiatan mewarnai | ||
Bu Ilmi adalah guru mata pelajaran PPKn kelas X. Saat pembelajaran ia memberikan muridnya projek mengamati konsep gotong royong yang berkembang di lingkungan tempat tinggalnya. Projek dilaksanakan secara individu. Bu Ilmi memberi waktu 1 bulan untuk murid mengamati dan melakukan wawancara dengan pemimpin dan warga setempat. Ia mengarahkan muridnya untuk membuat perencanaan projek dan memberikan kebebasan murid menentukan bentuk laporan hasil projek. | Dimensi mandiri, karena murid belajar membuat perencanaan projek dan mengatur jadwal wawancara | ||
Dalam kegiatan ekstrakurikuler, murid berinteraksi dan belajar bekerja sama dengan teman-teman yang berbeda dari teman sekelasnya. Hal ini termasuk penguatan dari dimensi... | Berkebhinekaan global | ||
1. Tema projek yang telah ditetapkan oleh Kemendikbud Ristek 2. Mata pelajaran yang berkaitan 3. Muatan elemen profil pelajar Pancasila yang ingin ditanamkan pada murid. 4. Fase murid 5. Keterkaitan tema dengan visi misi sekolah 6. Kondisi lingkungan dan budaya lokal setempat Dari ke-6 poin di atas, yang perlu diperhatikan oleh satuan pendidik saat pelaksanaan projek penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah... | 1, 2, 3, 4, 6 | ||
Yang termasuk luaran jangka panjang dari kurikulum nasional adalah... | Profil pelajar pancasila | ||
Berikut yang bukan termasuk 3 cara dalam mengintegrasikan ke-6 dimensi Profil Pelajar Pancasila secara konsisten dalam program kurikulum adalah.... | Termuat dalam visi misi sekolah | ||
Bagaimana Anda melakukan perencanaan program selama ini untuk satuan pendidikan? | Saya melakukan perencanaan program untuk satuan pendidikan mengikuti acuan yang ada. Tentunya, perencanaan tersebut telah disesuaikan dengan peraturan yang telah diberikan oleh Kemendikbud. Program yang disusun adalah program berbasis data. | ||
Apa saja pertimbangan dalam melakukan perencanaan? | Data-data tentang peserta didik, guru atau pendidik serta lingkungan satuan pendidikan. | ||
Manakah yang tidak termasuk dalam elemen Perencanaan Berbasis Data? | Dengan menambah sarana dan prasarana fisik. | ||
Hal apa yang diperlukan dalam membuat perencanaan satuan pendidikan? | Data-data tentang peserta didik, guru atau pendidik serta lingkungan satuan pendidikan. | ||
Inti dari perencanaan berbasis data adalah: | Menentukan pilihan kegiatan | ||
Jika Satuan Pendidikan membutuhkan data tambahan, data manakah yang dapat digunakan? | Warga Sekolah | ||
Tujuan diadakannya Perencanaan Berbasis Data adalah… | Memperbaiki permasalahan peningkatan mutu pendidikan dengan lebih sederhana dan bermakna. | ||
Berikut adalah perencanaan program yang membutuhkan biaya, kecuali… | Pelatihan guru | ||
Siapa saja yang dapat dilibatkan untuk mendapatkan data tambahan mengenai kondisi satuan pendidikan ? | Semua benar | ||
Ceritakan hasil refleksi Anda terhadap proses Perencanaan Berbasis Data berdasarkan materi ini! | Proses Perencanaan Berbasis Data yang dilakukan oleh satuan pendidikan yakni memiliki tujuan untuk meningkatkan perbaikan mutu yang berkesinambungan yang lebih baik | ||
Pada saat kapankah Rapor Pendidikan dapat digunakan? | Kapan saja saat melakukan pembenahan | ||
Rencana Kegiatan Tahunan yang membutuhkan biaya akan dianggarkan oleh Satuan Pendidikan melalui . . . . | RKAS | ||
Apa saja tiga tahapan utama implementasi Perencanaan Berbasis Data? | Identifikasi, Refleksi, Benahi | ||
Apa tantangan yang dihadapi oleh kepala satuan pendidikan dalam mengembangkan layanan pendidikan di satuan pendidikannya yang dibahas pada video ini? | Pedoman acuan dalam merancang program peningkatan kualitas.... | ||